Di hari jumat yang cerah ini, ada
sedikit cerita dari pengalaman yang baru saja terjadi.
Yapp! Mencairkan BPJS
ketenagakerjaan .
Jadi gini,berawal dari acara nginep
dikosan temen minggu lalu, terus cerita kesana kemari, sampai pada topic bpjstk
atau jamsostek. Temen aku cerita, kali
ini saldo JHT bisa kita cairkan dengan minimal sudah keluar dari perusahaan /
resign selama SEBULAN aja ! woow. Si aku emang rada kudet tentang info ini. Usut punya usut, searching lah aku mengenai
cara pencairan dana JHT. Udah dapet info juga sii sebenernya dari temen tapi masih penasaran. Nah.. pas buka-buka
berita dan informasinya, ternyata ada layanan e-klaim bpjstk atau pengajuan pencairan
dana JHT secara online, tanpa harus ngantri lama-lama di kantor bpjs. Cuusss
buka situs nya langsung disini. http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Bayangan aku semua akan baik-baik
saja. Lancar hari itu juga bisa langsung klaim, tapii ternyataaa… cukup menguji
kesabaran di bulan yang penuh berkah ini.. kenapa? Berikut penjabarannya… #eaaa
:D
Sebagaimana situs layanan lainnya,
yang pertama harus dilakukan adalah registrasi . Sebenernya form nya simple, Nggak
banyak yang perlu di isi, tapii itu loh,, masalah pin/kode verifikasi untuk
aktivasi akun yang katanya akan di kirimkan melalui email dan sms tak kunjung
tiba… Sampai pada akhirnya si aku hopeless . “ahhh udah lah.. mau k kntornya
aja langsuung L”
Eehh entah kenapa, si aku berpikir
apa coba login langsung aja yaa? kan Cuma aktivasinnya yang belum..
Jeng jeenng.. bisa login ternyata..
pas udah login, ada beberapa menu layanan :
Profile, cek saldo JHT, JHT Tahunan, Simulasi JHT dan e-Klaim.
Si aku langsung menuju cek saldo jht
. jeng jeengg.. ada perintah masukan pin/kode verifikasi lagii… kali ini ada
sms masuk dari bpjs. Yapp pin nya ! tapi kok g bisa terus yaa? katanya kode
verifikasi salah ..
Kali ini g gampang nyerah.. lanjut
terusss kirim ulang ,kirim ulang.. daaann
masih belum ada juga.. hahaha capee akuuu
Ya sudah lah,, klak klik sana sini
duluu.. dan klik menu profile. Disana ada tab LAYANAN dan statusnya masih non
aktif. Hemmm baiklah coba klik dan ituu… ada perintah masukan pin lagii.. (
lama-lama kesel juga klo denger ato baca tulisan “PIN”). Akhirnya aku masukan
pin yang masuk k sms atau email. Gagal ! ganti lagi yang lain.. masih gagal..
ganti lagii… gantii lagii … (entah ada berapa pin yang aku coba) hahaha
Kali ini g sia-sia.. dari sekian pin
yang masuk k sms, akhirnya ada yang dimaksud sama si “dia” :D
Oke, sekarang status layanan udah
aktif. Lanjut lagi ke cek saldo. Tadaa… bisa ternyata, tinggal klik submit aja.
Ini curhat baru sampe cek saldoo…. Wkwkwkw
Udah lah yaa skip langsung ke
e-klaim . Sebelum ke e-klaim, persiapkan dulu syarat-syarat dokumennya :
- Surat dari perusahaan dengan tembusan k disnaker (ini aku minta k hrd kantor terakhir aku kerja), disatukan dengan reference letter / vaklaring
- Scan ktp
- Scan kk
- Scan kartu jamsostek/bpjs tk
- Scan buku tabungan
Minimal ukuran/File nya
adalah 100kb,jadi jangan sampe kurang dari itu yaa
Udah siap
dokumennya? Lanjut k e-klaim. Setelah buka menu itu, pilih aksi “pengajuan
klaim” dan jenis klaim sesuai keadaan kita. Akan ada button submit dan muncul
keterangan apakah klaim bisa diproses atau tidak. Kalau bisa, akan muncul
button “lanjutkan”.
Nah, disini AGAK
sedikit menguji kesabaran juga.. bukan masalah formnya,, tapi kembali lagi,, “PIN”
hahahha
Pada halaman form
ini, tidak ada button kirim ulang pin/kode verifikasi hanya ada textbox untuk
mengisi PIN. Akan tetaapiii ituu PIN kok kagak muncul2 yaaa… baik d isms ataupun
email. Aku coba input PIN yang sebelumnya terkirim (PIN saat registrasi) dan
ternyata ga bisa. Coba lagi sampai semua pin yang pernah terkirim, dan tetep ga
bisa. Hopeless ! udah aja aku tutup itu sistemnya. Trus selang hampir satu jam,ada
email kode verifikasii ! Alhamdulillah.. aku coba lagi masuk k halaman
pengajuan, isi lagi hal yang sama dan input pin yang baru terkirim. Klik submit.
Taadaaa… GAGAL dooong .. kode verifikasi tidak sama ceunah. Aiiisshhh bagaimana inii? Udah beberpa kali dan beberapa
jam aku nongkrongin laptop, selalu kode pin nya telat masuk. Ada yang 20 menit
kmudian baru masuk ada yang sejam baru masuk, dan berkali kali aku buka tutup
sistemnya, input pinnya, masih tetep GAGAL! Sampai pada akhirnyaa… si aku
berpikir sepertinya ketika klik lanjutkan system akan otomatis mengirimkan kode
verifikasi ke sms dan email tapi entahlaah… itu hanya imajinasii yang tiba-tiba
muncul ketikaaa semua ini terjadi padaku..
Hemm udah sore ajaa
ternyata,, dan ini belum kelar juga..
Karena jenuh, aku
sudahi semua ini. Logout dan berasumsi bahwa ketika di jam kerja, mungkin
servernya sibuk, maklum pasti dengan peraturan baru kayak gini banyak banget
yang klaim dana JHT nya dan akses sistemnya. Bsok subuh aja coba lagii.. ~~
Kamis , 23 Juni
2016 setelah saur, aku coba lagii,,, dengan membaca basmallah, aku login, menuju
menu e-klaim, klik lanjutkan, isi no rek, bank, upload dokumen. – mulai deg
degan – #alay~~
Beberapa menit
kemudian ada sms dan email masuk . WOW ! ginii doong dari kemariin :D
Alhamdulillah,,,
langsung ada PIN masuk dan sesuai dengan permintaan system wkwkwk
Kali ini transaksi
SUKSES !! Alhamdulillah…
Setalah itu, siang-siang
di hari yang sama ada email dari BPJS untuk menuju kantor cabang BPJS yang kita
pilih saat pengajuan paling lambat 7 hari stelah email ini diterima. Di email
itu juga dijelaskan apa saja yang perlu dibawa.
Hari ini, jumat 24
Juni 2016, berangkat bareng suami, minta dianterin sampai masuk k kantor bpjs
nya. Jam 08:22 sampai di kantor BPJS cabang Jakarta sudirman di Mayapada tower II,
udah buka dan udah banyak bangett orang di dalemm.. ya ampuunn dapet antrian no brp ini?
Pas masuk, bilang
ke pak Satpam ada keperluan e-klaim. Sama beliau ditanyakan dokumen-dokumennya,
lalu dicek dan di bawalah itu dokumen ke petugas nya lalu kembali kepadaku #eaa~
Dokumennya
dikembalikan dan dikasih kertas kecil. “A002” – no antrian..
Waaah no 2 sist..
dari sekian banyak orang. Ternyata, banyak dari mereka yang hanya menuju ke
meja informasi, ada juga yang menuju dropbox (untuk klaim offline sepertinya).
Alhamdulillah …. Ga
harus ngantri lama-lama.. sekitar 10 menit kmudian giliran aku. Di meja petugas
klaim, dokumen di cek sana sini, terus aku di foto, sayangnya ga bisa narsiis
fotonyaa.. K
Cek dokumen
selesaii,,, lalu aku dikasih selembar form sebagai bukti transaksi hari ini.
Kata petugasnya paling lama dua minggu ya..
Hhhhaaaa selesaiii
jugaaa…curhatnyaa... sekarang giliran nunggu transferan masuukk… dan berharap itu terjadi
sebelum lebaran… :D
Dari
pengalaman ituu,,, sedikit saran atau tips mungkin yaa.. kalau ada yang mau
mengajukan secara online (e-klaim) coba lakukan pas jam-jam sepi… missal tengah
malem, atau sepertiga malam menjelang subuh.. biar ga ngomel-ngomel pas lagi
shaum… wkwkwkwk
wiwww, gampang yaa ternyata.. nice info :D
ReplyDeleteberapa persen yang bisa dicairkan fen? langsung 100% ga? wkwkk
Iyaa mii ell.. Alhamdulillah sekarang dipermudah prosesnya..
DeleteUpdate terbaru hr ini, udah masuk transferannya.. Daan.. 100% miii.. Hahahha
Alhamdulillah berkah ramadhan.. #eaaa~ :D
wahh, Alhamdulillah feni kalau bisa cair 100% :D
Deleteiya berkah ramadhan~~
wkwkwkwk
btw, itu tips untuk cek di jam2 sunyi aku inget2 loh, hahahaa
Ko aku ga bisa trus?? S ukurannya kurang dari 100 kb tapi ada juga yg lbih dari 2 mb
DeleteKo aku ga bisa trus?? S ukurannya kurang dari 100 kb tapi ada juga yg lbih dari 2 mb
Deletekerenn bgt, sangat bermanfaat..
ReplyDeletekalau pengajuan klaim mau d submit gagal terus kenapa ya ? mohon infonya .terimakasih
ReplyDeleteSy ga bs klaim. Dr website dialihkan utk suruh download app nya di hp. Sdh download dan registrasi. Buka menu klaim.ga bs diproses krn slalu ada warning "fitur sdg dalam pengembanan" bgmn ini?? Klo dtg langsung bs kah ??
ReplyDeletecoba sering2 cek inbox email karena pin yg dipake adl yg di email yg kita daftarkan
ReplyDeletecoba sering2 cek inbox email karena pin yg dipake adl yg di email yg kita daftarkan
ReplyDeleteGimana ya kalau udah beberapa hari belum juga ada balasan e-klaim bpjs?
ReplyDeleteDi aplikasi saya ga ada eklaim nya yah kok ???
ReplyDeleteiya sama
DeletePake PC atau leptop baru ada e-klim
DeleteSama gada e-klaim nya
DeleteSama saya juga gak ada menu e-claim
ReplyDeleteSama aplikasi saya juga gak ada eklaim,gmn ya??
ReplyDeletemau ambil uang sendiri aja susahnya minta ampun
ReplyDeletekadang saya gk suka ikut program pemerintah ya kaya gtu . . . mau ambil hak kita aja susah . . .
Deletebeda masalah nya sama aku
ReplyDeleteka uda sehari registrasi tp gada PIN dikirim. waktu kk Login PIN nya dapet drmn ?
ReplyDeleteKalau waktu itu aku dapet pin ny lewat sms sama email juga..
DeleteSaya udah sampe submit klaim dan jenisnya terus ada opsi lanjut terus jawabannya "data klaim anda sudah dalam tahap pengajuan" udah aja sampe situ, sy blm dpt email atau sms. Terus gmn ya mba? Mohon bimbingannya
ReplyDeleteSaya udah 2x coba..jawabannya data belom memenuhi syarat UPLOAD ERROR terus...padahal syarat udah sesuai semua...heran dipersulit banget
ReplyDeleteMaaf mau nannya kalau sudah dapat email balesannya... Truz yang ada tulisan F5 itu tidak bisa di download dan ada tulisan failed truz... Apakah masih bisa di lanjutkan k kantor bpjs yang kita tuju...
ReplyDeletee klaim bpjs memang harus paham betul biar gampang, nice post gan. thank you :)
ReplyDeleteThanks infonya ya ...kita juga ada rencana mau klaim juga. Semoga nggak makan waktu ntar ..m
ReplyDeleteKalo ke kantornya lebih dari 7 hari dari yang di tentukan bagaimananya?
ReplyDeleteSusahnya klaim Bpjs
ReplyDeleteTidakkah bisa disederhanakan caranya
Repot bgt asli
Photo ini gak bisa itu gak bisa
Harus ini harus itu
Padajal duit duit kita sendiri
Haknya kita
Terkadang pelayanan swasta jauh lebih bagus dari pelayanan pemerintah
Sy sudah mengajukan dan sudah berhasil tetapi sy blm dapat email sama sekali...knp yah?
ReplyDelete