Pages

Friday, June 24, 2016

Pengalaman Seputar e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan



Assalamu’alaikum, Jumat Mubarok..

Di hari jumat yang cerah ini, ada sedikit cerita dari pengalaman yang baru saja terjadi.

Yapp! Mencairkan BPJS ketenagakerjaan .

Jadi gini,berawal dari acara nginep dikosan temen minggu lalu, terus cerita kesana kemari, sampai pada topic bpjstk atau jamsostek. Temen aku cerita,  kali ini saldo JHT bisa kita cairkan dengan minimal sudah keluar dari perusahaan / resign selama SEBULAN aja ! woow. Si aku emang rada kudet tentang info ini. Usut punya usut, searching lah aku mengenai cara pencairan dana JHT. Udah dapet info juga sii sebenernya dari temen  tapi masih penasaran. Nah.. pas buka-buka berita dan informasinya, ternyata ada layanan e-klaim bpjstk atau pengajuan pencairan dana JHT secara online, tanpa harus ngantri lama-lama di kantor bpjs. Cuusss buka situs nya langsung disini. http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Bayangan aku semua akan baik-baik saja. Lancar hari itu juga bisa langsung klaim, tapii ternyataaa… cukup menguji kesabaran di bulan yang penuh berkah ini.. kenapa? Berikut penjabarannya… #eaaa :D


Sebagaimana situs layanan lainnya, yang pertama harus dilakukan adalah registrasi . Sebenernya form nya simple, Nggak banyak yang perlu di isi, tapii itu loh,, masalah pin/kode verifikasi untuk aktivasi akun yang katanya akan di kirimkan melalui email dan sms tak kunjung tiba… Sampai pada akhirnya si aku hopeless . “ahhh udah lah.. mau k kntornya aja langsuung L
Eehh entah kenapa, si aku berpikir apa coba login langsung aja yaa? kan Cuma aktivasinnya yang belum..

Jeng jeenng.. bisa login ternyata.. pas udah login, ada beberapa menu layanan :  Profile, cek saldo JHT, JHT  Tahunan, Simulasi JHT dan e-Klaim.


Si aku langsung menuju cek saldo jht . jeng jeengg.. ada perintah masukan pin/kode verifikasi lagii… kali ini ada sms masuk dari bpjs. Yapp pin nya ! tapi kok g bisa terus yaa? katanya kode verifikasi salah .. 

Kali ini g gampang nyerah.. lanjut terusss kirim ulang ,kirim ulang..  daaann masih belum ada juga.. hahaha capee akuuu

Ya sudah lah,, klak klik sana sini duluu.. dan klik menu profile. Disana ada tab LAYANAN dan statusnya masih non aktif. Hemmm baiklah coba klik dan ituu… ada perintah masukan pin lagii.. ( lama-lama kesel juga klo denger ato baca tulisan “PIN”). Akhirnya aku masukan pin yang masuk k sms atau email. Gagal ! ganti lagi yang lain.. masih gagal.. ganti lagii… gantii lagii … (entah ada berapa pin yang aku coba) hahaha 

Kali ini g sia-sia.. dari sekian pin yang masuk k sms, akhirnya ada yang dimaksud sama si “dia” :D
Oke, sekarang status layanan udah aktif. Lanjut lagi ke cek saldo. Tadaa… bisa ternyata, tinggal klik submit aja. 

Ini curhat baru sampe cek saldoo…. Wkwkwkw 

Udah lah yaa skip langsung ke e-klaim . Sebelum ke e-klaim, persiapkan dulu syarat-syarat dokumennya :

  • Surat dari perusahaan dengan tembusan k disnaker (ini aku minta k hrd kantor terakhir aku kerja), disatukan dengan reference letter / vaklaring
  •  Scan ktp
  •  Scan kk
  •  Scan kartu jamsostek/bpjs tk
  •  Scan buku tabungan
Minimal ukuran/File nya adalah 100kb,jadi jangan sampe kurang dari itu yaa 


Udah siap dokumennya? Lanjut k e-klaim. Setelah buka menu itu, pilih aksi “pengajuan klaim” dan jenis klaim sesuai keadaan kita. Akan ada button submit dan muncul keterangan apakah klaim bisa diproses atau tidak. Kalau bisa, akan muncul button “lanjutkan”.

Nah, disini AGAK sedikit menguji kesabaran juga.. bukan masalah formnya,, tapi kembali lagi,, “PIN” hahahha

Pada halaman form ini, tidak ada button kirim ulang pin/kode verifikasi hanya ada textbox untuk mengisi PIN. Akan tetaapiii ituu PIN kok kagak muncul2 yaaa… baik d isms ataupun email. Aku coba input PIN yang sebelumnya terkirim (PIN saat registrasi) dan ternyata ga bisa. Coba lagi sampai semua pin yang pernah terkirim, dan tetep ga bisa. Hopeless ! udah aja aku tutup itu sistemnya. Trus selang hampir satu jam,ada email kode verifikasii ! Alhamdulillah.. aku coba lagi masuk k halaman pengajuan, isi lagi hal yang sama dan input pin yang baru terkirim. Klik submit. Taadaaa… GAGAL dooong .. kode verifikasi tidak sama ceunah. Aiiisshhh bagaimana inii? Udah beberpa kali dan beberapa jam aku nongkrongin laptop, selalu kode pin nya telat masuk. Ada yang 20 menit kmudian baru masuk ada yang sejam baru masuk, dan berkali kali aku buka tutup sistemnya, input pinnya, masih tetep GAGAL! Sampai pada akhirnyaa… si aku berpikir sepertinya ketika klik lanjutkan system akan otomatis mengirimkan kode verifikasi ke sms dan email tapi entahlaah… itu hanya imajinasii yang tiba-tiba muncul ketikaaa semua ini terjadi padaku..

Hemm udah sore ajaa ternyata,, dan ini belum kelar juga..

Karena jenuh, aku sudahi semua ini. Logout dan berasumsi bahwa ketika di jam kerja, mungkin servernya sibuk, maklum pasti dengan peraturan baru kayak gini banyak banget yang klaim dana JHT nya dan akses sistemnya. Bsok subuh aja coba lagii.. ~~

Kamis , 23 Juni 2016 setelah saur, aku coba lagii,,, dengan membaca basmallah, aku login, menuju menu e-klaim, klik lanjutkan, isi no rek, bank, upload dokumen. – mulai deg degan – #alay~~
 Beberapa menit kemudian ada sms dan email masuk . WOW ! ginii doong dari kemariin :D
Alhamdulillah,,, langsung ada PIN masuk dan sesuai dengan permintaan system wkwkwk
Kali ini transaksi SUKSES !! Alhamdulillah…

Setalah itu, siang-siang di hari yang sama ada email dari BPJS untuk menuju kantor cabang BPJS yang kita pilih saat pengajuan paling lambat 7 hari stelah email ini diterima. Di email itu juga dijelaskan apa saja yang perlu dibawa.

Hari ini, jumat 24 Juni 2016, berangkat bareng suami, minta dianterin sampai masuk k kantor bpjs nya. Jam 08:22 sampai di kantor BPJS cabang Jakarta sudirman di Mayapada tower II, udah buka dan udah banyak bangett orang di dalemm.. ya ampuunn dapet antrian no brp ini?

Pas masuk, bilang ke pak Satpam ada keperluan e-klaim. Sama beliau ditanyakan dokumen-dokumennya, lalu dicek dan di bawalah itu dokumen ke petugas nya lalu kembali kepadaku #eaa~
Dokumennya dikembalikan dan dikasih kertas kecil. “A002” – no antrian..
Waaah no 2 sist.. dari sekian banyak orang. Ternyata, banyak dari mereka yang hanya menuju ke meja informasi, ada juga yang menuju dropbox (untuk klaim offline sepertinya).

Alhamdulillah …. Ga harus ngantri lama-lama.. sekitar 10 menit kmudian giliran aku. Di meja petugas klaim, dokumen di cek sana sini, terus aku di foto, sayangnya ga bisa narsiis fotonyaa.. K
Cek dokumen selesaii,,, lalu aku dikasih selembar form sebagai bukti transaksi hari ini. Kata petugasnya paling lama dua minggu ya..

Hhhhaaaa selesaiii jugaaa…curhatnyaa... sekarang giliran nunggu transferan masuukk… dan berharap itu terjadi sebelum lebaran… :D

Dari pengalaman ituu,,, sedikit saran atau tips mungkin yaa.. kalau ada yang mau mengajukan secara online (e-klaim) coba lakukan pas jam-jam sepi… missal tengah malem, atau sepertiga malam menjelang subuh.. biar ga ngomel-ngomel pas lagi shaum… wkwkwkwk

30 comments :

  1. wiwww, gampang yaa ternyata.. nice info :D
    berapa persen yang bisa dicairkan fen? langsung 100% ga? wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mii ell.. Alhamdulillah sekarang dipermudah prosesnya..
      Update terbaru hr ini, udah masuk transferannya.. Daan.. 100% miii.. Hahahha
      Alhamdulillah berkah ramadhan.. #eaaa~ :D

      Delete
    2. wahh, Alhamdulillah feni kalau bisa cair 100% :D
      iya berkah ramadhan~~
      wkwkwkwk
      btw, itu tips untuk cek di jam2 sunyi aku inget2 loh, hahahaa

      Delete
    3. Ko aku ga bisa trus?? S ukurannya kurang dari 100 kb tapi ada juga yg lbih dari 2 mb

      Delete
    4. Ko aku ga bisa trus?? S ukurannya kurang dari 100 kb tapi ada juga yg lbih dari 2 mb

      Delete
  2. kerenn bgt, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. kalau pengajuan klaim mau d submit gagal terus kenapa ya ? mohon infonya .terimakasih

    ReplyDelete
  4. Sy ga bs klaim. Dr website dialihkan utk suruh download app nya di hp. Sdh download dan registrasi. Buka menu klaim.ga bs diproses krn slalu ada warning "fitur sdg dalam pengembanan" bgmn ini?? Klo dtg langsung bs kah ??

    ReplyDelete
  5. coba sering2 cek inbox email karena pin yg dipake adl yg di email yg kita daftarkan

    ReplyDelete
  6. coba sering2 cek inbox email karena pin yg dipake adl yg di email yg kita daftarkan

    ReplyDelete
  7. Gimana ya kalau udah beberapa hari belum juga ada balasan e-klaim bpjs?

    ReplyDelete
  8. Di aplikasi saya ga ada eklaim nya yah kok ???

    ReplyDelete
  9. Sama saya juga gak ada menu e-claim

    ReplyDelete
  10. Sama aplikasi saya juga gak ada eklaim,gmn ya??

    ReplyDelete
  11. mau ambil uang sendiri aja susahnya minta ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang saya gk suka ikut program pemerintah ya kaya gtu . . . mau ambil hak kita aja susah . . .

      Delete
  12. ka uda sehari registrasi tp gada PIN dikirim. waktu kk Login PIN nya dapet drmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau waktu itu aku dapet pin ny lewat sms sama email juga..

      Delete
  13. Saya udah sampe submit klaim dan jenisnya terus ada opsi lanjut terus jawabannya "data klaim anda sudah dalam tahap pengajuan" udah aja sampe situ, sy blm dpt email atau sms. Terus gmn ya mba? Mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  14. Saya udah 2x coba..jawabannya data belom memenuhi syarat UPLOAD ERROR terus...padahal syarat udah sesuai semua...heran dipersulit banget

    ReplyDelete
  15. Maaf mau nannya kalau sudah dapat email balesannya... Truz yang ada tulisan F5 itu tidak bisa di download dan ada tulisan failed truz... Apakah masih bisa di lanjutkan k kantor bpjs yang kita tuju...

    ReplyDelete
  16. e klaim bpjs memang harus paham betul biar gampang, nice post gan. thank you :)

    ReplyDelete
  17. Thanks infonya ya ...kita juga ada rencana mau klaim juga. Semoga nggak makan waktu ntar ..m

    ReplyDelete
  18. Kalo ke kantornya lebih dari 7 hari dari yang di tentukan bagaimananya?

    ReplyDelete
  19. Susahnya klaim Bpjs
    Tidakkah bisa disederhanakan caranya
    Repot bgt asli
    Photo ini gak bisa itu gak bisa
    Harus ini harus itu
    Padajal duit duit kita sendiri
    Haknya kita
    Terkadang pelayanan swasta jauh lebih bagus dari pelayanan pemerintah

    ReplyDelete
  20. Sy sudah mengajukan dan sudah berhasil tetapi sy blm dapat email sama sekali...knp yah?

    ReplyDelete